My Blog List


Blognya-Dyan

Keberuntungan adalah bagi mereka yg bisa memanfaatkan kesempatan ygdatang dg bekal kesiapan akan keberhasilan. Sebelum saat itu tiba, marilah qt persiapkan diri qt untuk meraih keberhasilan. CAYO !!!

Tak Kenal Maka Tak Sayang Monday, January 05, 2009


(Catatan ini merupakan catatan lama aq...tapi g da salahnx q buka lagi hehehe)

Ungkapan itulah kiranya yang sangat cocok mewakili apa yang q rasakan ketika q coba tuk melakukan kilas balik peristiwa 2 tahun yang lalu.

Ketika itu memasuki masa semester akhir, artinya pekerjaanq mulai menumpuk...Coz q n my friend harus handle penulisan karya tulis ilmiah atau (KTI), mulai dari pembimbingan proposal ’mpe ujian terakhirnx. Metode kali ini ada perbedaan terutama untuk pembagian dosen pembimbing ditentukan sendiri oleh mahasiswa.

Beruntung sekali q dapat kepercayaan dari mahasiswaq dimana q diharuskan membimbing dan menghantarkan mereka. Mereka adalah Dias, Okta, Nadia, Mei2, Andri, Putri dan Jeane. Jujur ketika aq mendapatkan nama mereka sebagai anak bimbinganq, perasaan yang ada hm...takut g bs kasih yg terbaik, senang, bangga, bingung, semua2 jadi satu. Coz, jujur aza q belum mengenal mereka. Bahkan ada diantara mereka yang termasuk daftar nama mahasiswa yang sering qt (pengajar) bicarakan ketika rapat hasil perkuliahan. Ha2x..ntar klo mereka bacaini, pasti mereka tau bgt siapa yg q maksud J.

Langkah awal adalah q harus menyamakan visi qt. Aq ajak mereka berkumpul dan mereka qminta tuk menjelaskan padaq n temen2 yang laen tentang apa yang ingin mereka teliti. Hal ini sangat penting q lakukan...coz q belum terlalu paham mgn rekam medik (selama ini belajar otodidak) dan q pikir mereka dah mendapatkan materi itu selama perkuliahan berlangsung. Jadi semacam sharing knowledge dimana q coba meluruskan cara pandang / pikir mereka terutama bagaimana mengapresiasikannx kedlm bentuk tulisan ilmiah.

Langkah selanjutnya, q mencoba menampung semua data dan informasi yang mereka dapatkan untuk bahan evaluasi /analisa mereka nantinx. Hm...untuk mengurangi kejenuhan q ajak mereka ke salah satu taman kota di surabaya untuk belajar dan berdiskusi dengan lebih nyaman, tenang, fokus n fresh.

Alhamdulillah mereka mampu melewati langkah2 yg q pinta dg ikhlas...Semakin lama q semakin mengenal mereka demikian jg sebaliknx. Aq berusaha memposisikan diriq lebih sebagai partner aja. Tak jarang banyak yang kurang simpatik dengan caraq untuk mendidik mereka. Aq tak peduli karna bagiq, tanggungjawab yang terbesar adalah mampu menjadikan mereka orang yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan tanpa menghilangkan rasa kemanusiaan dan iman dalam diri. Meskipun untuk meraih tujuan itu,q harus menggunakan jalan yg tak lazim digunakan seorang pengajar/pendidik. Sering sekali saya mengucapkan ”nduk, le, say ...”, kata yang simpel namun dapat jadi pemanis dan perekat hubungan kami.

Tuk: Okta, Nadia, Jeane, Mei2, Putri, Dias dan Andri. Thx tuk pengalamannx selama ini. Thank u 4 trusting me. I love u my child (eits...itu u semua mahasiswa aq, semuanx.... bukan hanya mereka yang tercantum disiniJ).

Semoga Allah Swt selalu memberikan cinta kasihNya pada qt semua.

0 komentar: