My Blog List


Blognya-Dyan

Keberuntungan adalah bagi mereka yg bisa memanfaatkan kesempatan ygdatang dg bekal kesiapan akan keberhasilan. Sebelum saat itu tiba, marilah qt persiapkan diri qt untuk meraih keberhasilan. CAYO !!!

u sahabatq yang sedang gelisah.. Saturday, January 17, 2009

Apabila menghadapi keputusan – putuskanlah

Apabila menghadapi pilihan – pilihlah

Tidak berbuat apa-apa hanya menambah ketegangan

Karena anda tidak kalah

Tetapi anda menang juga tidak !

(Barry Spilchuck)

4 komentar:

Anonymous said...

thank's...
pas banget ma gw.

Anonymous said...

Pa kabar bunda.. aku pengen bisa maen tapi kayaknya dalam waktu dekat ini belum ada waktu, Anyway, soal kerjaan di petro saya bener bener harus kerja keras bunda, di sana lulusan D3 rekam medis cuma ada 1, dan mbaknya dah mau kluar coz ketrima PNS di jogja. Otomatis aku yang gantiin semua tugasnya dan meng-handle semua sistem pelaporan rekam medis sampai manajemen RM yang ada di sana, termasuk segala perencanaan aplikasi program yang akan dijalankan (padahal sistem pelaporannya banyak banget & blm semuanya saya kuasai)sampai dg pengaturan jadwal sift 6 orang petugas RM di sana. Saya dipaksa harus menguasai semuanya sampai akhir bulan yang artinya saya cuma punya waktu kurang dari 3 minggu termasuk minggu besok untuk adaptasi dan serah terima jabatan serta menyelesaikan laporan triwulan akhir, semester akhir, dan laporan tahunan 2008 yang belum diselesaikan (lap. mingguan & per 10 hari tetep jalan),sulitnya lagi mbaknya dah sering absen buat ngurusin kuliahnya & pemberkasan buat PNS. Alhasil, hampir tiap hari harus lembur deh...??!!(saya hrus mempelajari lap.thn sebelumnya u/ mengisi laporan2 yg masih kurang) Aq sebenarnya gak pingin mengeluh bunda, but sometimes, I just being too much tired, sampe2 kdang2 jadi "awang-awangen", he..he...
Coba bunda bayangin, semua tugas itu seharusnya adalah tugas koordinator RM kan...? Tapi lucunya, di sana gak ada yang namanya koordinator, padahal harusnya kalo jadi koordinator ada tunjangan khusus. Sedangkan semua sistem RM di sana bakal jadi tanggung jawab saya (kalo bagi tugas sama mas2 yg di sana gak mungkin coz mreka gak ngerti msalah RM,mrka cm ngurus identifikasi,register,filling,sama pengambilan berkas).

Ok bunda itu td cuma sekedar latar belakang masalah, nah sekarang aq pengen minta pendapat bunda ya...?! (Answer this question by the complete description based of your mind..)

Di sana ada berkas nonaktif yang bkin tmpat penyimpanan jd overload, masalahnya berkas dari th.1991 yg di simpan di gudang penyimpanan petro dah gak bisa ditoleransi lg, hrs sgr di kluarkan coz pihak XXX gak mau menampung lagi (Sejak RS berdiri sendiri jadi YYY).Padahal di t4 penyimpanan RM jg sudah gak ckup(overload malah).JAlan satu2nya seharusnya berkas itu harus dimusnahkan. tapi aq bingung gmn cranya bkin pertelaahan brkas sebanyak itu(siapa yg ngerjain coba??), Selain itu saya harus merencanakan tempat penyimpana berkas u/ 5 thn kedepan, mnurut bunda gimana? Oh ya,di RM kan ada kmputer krja yg seharusnya u/ kpentingan krja saya,tp gak bisa nganggur bentar udah dipinjem orang lain(mau bilang gak boleh, tp saya sungkan coz masih baru di sana,tp kalo dibiarin pekerjaan saya sering terganggu). Sebenarnya saya pengen pindahin kmputer itu di dekat meja saya biar saya kerjanya enak gak perlu pindah2 t4 duduk,tp ya itu tadi, saya masih ragu, Nggak enak sm mbak2 unit lain yang biasanya pake kmputer itu. Saya sempat konsultasi masalah ini sm mbak RM yg mau kluar itu, tp cm terjawab permasalahan terakhir,dia bilang saya harus tgas & gak papa, krn ruangan RM adl wewenang saya, Tp saya tetep masih mrasa g enak bunda, Sungkan...

yah... Itulah sekilas cuplikan cerpen di t4 kerja saya bunda...
I miss u so much..

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Dyan Angesti said...

Ok q coba bantu telaah dan jawab semoga bisa sedikit membantu.

Masalah:
1. Ndukq harus menguasai semuanya sampai akhir bulan (waktu kurang dari 3 minggu) untuk adaptasi dan serah terima jabatan
2. Tenaga kerja yang ada : 1 orang lulusan D3 rekam medis dan 6 orang petugas RM
3. Tugas yg numpuk:
a.sistem pelaporan rekam medis
b.menyelesaikan laporan triwulan akhir,
c.lap semester akhir,
d.dan laporan tahunan 2008
e.lap. mingguan & per 10 hari tetep jalan)
4.System manajemen RM yang ada di sana,
5.Perencanaan aplikasi program yang akan dijalankan
6.Pengaturan jadwal sift 6 orang petugas RM di sana.
7.Pemberkasan dan penyimpanan yg overload
a.pertelaahan brkas
b.perencanakan tempat penyimpana berkas u/ 5 thn kedepan

Pembahasan dari gw….
Pertama kali q tnx, ketika ndukq diterima kerja disana. Siapa yang memberikan job desc u ndukq sbg perugas RM?
Apa tidak ada pimpinan u RM? Apa RM berada dalam subbag lain (misal SIM). Sementara ini q anggap yg paling ekstrim aja ya…yaitu emang gak ada pimpinan RM. Mohon bantuan dari rekan kerja yang lain (lebih baik pendekatan dengan rekan kerja yg dituakan terlebih dahulu, sehingga lebih mudah u selanjutnya).

Sekali lagi perlu diingat bahwa RM adalah timwork bukan pekerjaan yg dapat diselesaikan sendiri. Meskipun tenaga kerja yg ada saat ini tidak memiliki kemampuan yg dibutuhkan, perlu diingat bahwa mereka selama ini juga telah berada disana dan mereka lebih senior dari anda. Tenaga kerja yang ada adalah sumber daya anda menyelesaikan semua tugas yg ada. Jadi berusahalah u mampu merangkul mereka. Susah? Ya…tapi bukan tidak mungkin kan.

Prioritas saya pertama adalah Untuk pengaturan tugas shift.
Anda harus serba hati-hati ya nduk…Jikalau tidak ada wewenang secara penuh dari atasan dan itu harus diketahui o seluruh anggota timyg lain. Sayang banget, ndukq gak jelasin berapa jumlah tenaga wanita dan laki-laki serta system kerja ato shift kerja yg adasaat ini. Btw, jika memungkinkan buat u berpasangan saja laki-laki dan wanita(hal ini u mempermudah tugas jikalau ada tugas yg berhubungan dengan keg fisik dan membutuhkan ketelitian khusus).

Kedua, Penyelesaian laporan.
Pelajari dengan lebih cepat mengenai sistam pelaporan disana (beri tenggat waktu u anda sendiri, hal ini u memacu semangat belajar kembali ;-) ). Kalo aq sih, u pembuatan laporan lebih mudah dari laporan kecil ke besar. Cari rekan yang mampu diantara mereka u membantu menyelesaikannx. Jangan berprasangka buruk bahwa mereka tidak mampu. Kebanyakan mereka tidak mau, bukan tidak mampu. Dari sekian permasalahan, menurutq ndukq lebih focus ke masalah ini saja dulu namun bukan mengesampingkan pekerjaan ndukq yang lainnx.
Ajak 2 orang u membantu menyelesaikan pelaporan yang ada. Bagi tugas dengan mereka ya nduk…sehingga bisa menyelesaikan lap. Mingguan, laporan 10 hari, laporan triwulan akhir, lap semester akhir, dan laporan tahunan 2008. Misal dalam1 hari, jam kerja yang ada 8 jam (saya g tau jam kerja yg ada). Porsi kerja harus diperhitungkan dengan matang, dimana pembagian kerja sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kerja anda dan rekan kerja anda. Misal 1 jam untuk pelaporan mingguan dan lap 10 hari. Kemudian u melakukan cross check u pelaporan yg lain anda membuthkan 4 jam, dan gunakan jam yang lain dengan efektif. Untuk menjawab kebutuhan computer, anda harus meminta ijin dengan pimpinan (jika ada) u kelonggaran dalam menggunakan u menyelesaikan pelaporan. Dan jika tidak ada, mohon kesempatan dari rekan kerja u mengijinkan dan memberikan anda waktu untuk menggunakannx (hal ini bisa anda lakukan ketika pembagian shift kerja, utarakan secara gamblang kebutuhan anda dengan fasilitas tsb). Hal ini juga bermanfaat bagi anda sendiri,coz ntar kalo g nyaman anda akan merasa tertekan dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sebagaimana yang anda harapkan. Semoga mereka memahami.

Ketiga, Perencanaan aplikasi program yang akan dijalankan
Kegiatan ini bisa dilakukan setelah anda mengetahui system yang ada disana terlebih dahulu. Bisa anda lakukan di jam-jamakhir pekerjaan anda sebagai evaluasi pekerjaan u anda sendiri. Gak masalah tho nduk?

Keempat, Pemberkasan dan penyimpanan yg overload
Yup, yang haruz dilakukan pertama kali adalah pertelaahan brkas. Lakukan dengan seluruh rekan anda. Kegiatan ini bisa diawali dengan pembagian berkas berdasarkan tahun dan ingat ada jenis berkas-berkas RM yang memiliki spesifikasi tertentu dan tidak boleh u ikut dimusnahkan. Bedakan itu semua! Pekerjaan seperti ini sangat membutuhkan kerja tim.
Prosedur u pemusnahan (coba dicek kembali prosedur sesuai dengan ketentuan yang ada) kalo gak salah harus pembentukan tim pemusnahan yang terdiri dari komite medik, petugas rm dan beberapa unsur terkait lainnx (saya lupa,cek lagi deh..).
Perencanaan tempat penyimpana berkas u/ 5 thn kedepan, bisa anda lakukan disela-sela waktu anda. Perhatikan lokasi yang tersedia dan sesuaikan dengan kebutuhan, usahakan minimalkan kebutuhan dana. Saya tau hal ini sangat urgent, tapi skala prioritas yang harus anda buat dan lakukan.

Semua masukan saya bukan suatu hal yang mutlak harus dilakukan lho…Hanya saran saja, semua q kembalikan mempunx masalah. Pekerjaan apapun jenisnx selama tidak bertentangan dengan ajaranNya, adalah ibadah qt. Lakukan dengan keikhlasan dan rasa cinta akan pekerjaan itu. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan barokahNya. Amin.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.